Powerpuff Girls, Bubbles

Senin, 03 Desember 2012

Madakaripura - Bromo(part 1)*post ulang

Wokeehhh sebaiknya saya harus menulis ulang(karna tulisan yang kemarin hilang) cerita tentang liburan, petualangan, backpackeran, traveling saya,ya apapun itu sebutannya, tapi saya lebih suka menyebutnya backpackeran.

Jadi perjalanan backpacker ini saya menyebutnya "Backpackeran Mewujudkan Impian". Yups! saya berhasil mewujudkan salah satu impian yang ditulis di awal tahun 2012(resolusi2 gitu) yaitu kepengen ke Bromo.

Jadwal backpackernya dari tanggal 26 -28 Oktober 2012 lalu. Dan untuk perjalanan ini saya temui di backpackerindonesia.com
2 minggu sebelum hari H udah kepikiran aja tuh sama Bromo, sama pengalaman-pengalaman apa saja yang bakal saya alami.

26 Oktober flight 05.45 pagi saya terbang ke Jakarta. Nyampe Jakarta jam 08.10. Di Jakarta saya minta tolong dijemputin Om(adiknya papa), trus dianterin ke meeting point yang sudah ditetapkan yaitu di Stasiun Kereta Pasar Senen.
Nyampe Jakarta segera sms si Om menanyakan dimanakah keberadaan Om saya. Dan ternyata...ohh ternyata...si Om masih di rumahnya*weww.... Jadi di kira Om saya nyampenya jam 08.10 malam, ywoda saya di suruh naik Bus Damri jurusan Stasiun Gambir trus nanti saya dijemput di situ trus dianterin ke St. Pasar Senen. Dan ternyata jarak St. Gambir ke Senen itu dekat sodara-sodara.

Nyampe St. Senen kira-kira jam 10, sedangkan meeting pointnya jam 1 siang. Alhasil saya dan si Om duduk di warung sekitaran St.Senen sambil ngobrol-ngobrol.

Jam 1 nelpon miminnya(mimin ini panggilan saya buat penyelenggara trip ini yaitu bersama Blakarax Event Organization) nanyak ngumpulnya di mana. Kami ngumpulnya di depan Dunkin Donut's.

Nggk berapa lama nunggu peserta-peserta lainnya pada datang akhirnya saya dan temen-temen baru yang ikutan trip ini menuju Kereta Matarmaja untuk menuju Malang. Semua peserta dan Crew Blakrax naik Kereta Ekonomi dan ternyata dari semua gerbong Ekonomi hanya 2 gerbong yang ber-AC dan Alhamdulillah saya berada di salah satunya.
Para peserta duduknya pada beda-beda gerbong, karna kami nge-booked buat join trip ini juga beda-beda waktunya. Saya berada di gerbong 9. Penumpang di gerbong saya full dengan posisi duduk di sebelah kanan buat 3 orang yang sebelah kiri buat 2 orang dan saya duduk di sebelah kiri tapi sayangnya saya bukan duduk yang di dekat jendela karna klo duduk dekat jendela nanti tidurnya bisa menyandar di jendela Kerata*tapi tak apalah.....

Keadaan di gerbong saya hhmmm......agak-agak rame dengan anak kecil. Trus gerbong yang ber-AC aja masih berasa panasnya apalagi yang nggk ber-AC ya?. Sebelum naik Kereta saya bertanya-tanya nanti makannya kayak mana ya?(maklum ini pengalaman pertama naik Kereta, dulu masih kecil udah pernah sih tapi ya udah lupa rasanya gimana). Dan setelah berada di Kereta ternyata banyak pedagang-pedagang asongan yang berlalu-lalang  sekitar 1 jam sekali. Jualan yang dijajakan pun bermacam-macam, mulai dari minuman panas, nasi rames, nasi goreng, nasi pecal, pop mie, dan jualan-jualan laninnya. Kurang lebih menempuh waktu 16 jam untuk sampai di Malang dan selama itu pulak jam tidur saya hancur-hancuran nggk jelas. Ya namanya juga berada di kendaraan publik jangan berharap bisa tidur nyenyak dong :)

Jam 8 pagi tanggal 27 kami nyampe di St. Malang Baru. Semua peserta udah pada ngumpul dan kami pun melanjutkan perjalanan yang nggk tau bakal mau ke mana nih?. Sebelum keluar dari St. Kereta nggk lupa dong kami berfoto bersama di depan gerbong Kereta.

Jalan dilanjutkan ke meeting point di Malang karna ada beberapa peserta yang langsung ke Malang dan tempatnya dekat dari St. Kereta, jalan kaki nggk nyampe 5 menit udah nyampe, tinggal nyebrang aja dari St. Kereta.

Nyampe di meeting pointnya kami peserta dari Jakarta salam-salaman dengan teman-teman yang ada di Malang ini, trus dilanjutkan sarapan pagi dengan nasi kotak. Jumlah peserta yang ikut trip ini 34 orang dan saya adalah peserta yang asalnya paling jauh dan para peserta lainnya pada salut sama saya,hehehehee. Kata mereka "pigi sendirian jauh-jauh dari Medan, cewek pulak", sayanya yah senyum-senyum aja :D

Selesai sarapan lanjut ke Balai Kota Malang yang di tempuh dengan jalan kaki, karna tempatnya dekat kok dari meeting point kami tadi. Nyampe Balai Kota nggk lupa seluruh peserta foto-foto dong.

Selesai dari Balai Kota melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Madakaripura yang kami tempuh dengan mobil ELF. Mobil ELF nya ada 3. ELF saya berisi 9 peserta, 2 mimin, dan 1 sopir.
Dengan menempuh perjalanan kira-kira 2 jam akhirnya kami sampe di Air Terjun Madakaripura yang berada di Kabupaten Probolinggo. Kira-kira butuh waktu setengah jam untuk bisa nyampe di air terjunnya, tapi bakal nggk berasa capeknya karna disepanjang perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan hijau-hijau dari pepohonan, mendengar desiran air juga suara binatang-binatang.
Tingkat kesulitan jalur menuju air terjunnya di bilang mudah juga nggk mudah karna jalurnya nggk rata dan nggk mulus. Karna jalurnya ngelewati sungai-sungai yang ada batu-batuannya. Tersedia poter yang siap memegangi kita kalau-kalau jalur yang dilewati cukup susah.

Nyampe di Air Terjunnya kami pun menikmati pemandangan yang ada di depan mata, yaitu air terjun dengan ketinggian 200 meter. Kurang lebih 1 jam kami berada di Madakaripura, sebelum pulang tentunya foto-foto dulu dong.

Lalu perjalanan dilanjutkan menuju homestay karna pagi-pagi sekali kami akan melihat sunrise di gunung Bromo. Di sela-sela perjalanan kami berhenti sebentar di supermarket buat belanja makanan-makanan kecil untuk mengganjal perut besok pagi, dan tidak lupa juga singgah di warung makan buat makan malam. Menu makan malam kami adalah Nasi Rawon. Kebetulan saya belum pernah makan menu ini. Nasi Rawon yang saya makan ini isinya nasi trus dikasih kuah cukup banyak berwarna gelap dengan lauk kecambah toge dan semur daging yang tipis. Rasanya enak dan menghangatkan badan yang sudah merasakan dingin.

Dan nyampelah kami di parkiran mobil menuju homestay. Pas turun dari ELF bbrrrrr........!!!!berasa dinginnya bok.....!. Di homestay seluruh peserta dan Crew Blakarax numpluk jadi di 1 homestay. Setiap ruangan di homestay ini dimaksimalkan dengan tempat tidur. Malam di sini sangat dingin, udah pake kaos + jacket + celana jeans + kaos kaki + selimut pas mau tidur masih tetep berasa dinginnya, sankin dinginnya saya pilek dong. Saya pun menambah baju manset biar dingginnya agak berkurang sedikit.